Yuk Terapkan Digital Marketing pada Bisnis Kita !


Perkembangan teknologi informasi semakin pesat pada masa sekarang sehingga bisnis yang belum mau bersentuhan dengan pemanfaatan teknologi tersebut kemungkinan akan sulit untuk bersaing.  Persaingan bisnis pada media konvensional mulai tersisih dengan adanya media digital yang beraneka ragam tingkat kemunculannya.  Keberadaan media digital dan "Digital Marketing" sangat diperlukan pada masa ini agar perusahaan dapat menyusun program pemasaran berbasis digital atau yang dikenal dengan "E-Marketing".

Perusahaan yang akan menerapkan Digital Marketing harus mempunyai orang yang berkemampuan dalam hal digital teknologi.  Peran seorang digital marketing sangat vital dalam perusahaan, sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan.  Dalam rangka memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia dengan kualifikasi digital teknologi, perusahaan harus berani memberikan reward yang menarik agar seorang digital teknologi bersedia untuk berperan dalam meningkatkan profit perusahaan.  Dengan demikian seorang digital marketing merupakan kunci dalam perkembangan dan pertumbuhan bisnis suatu perusahaan.  Syarat yang harus dipenuhi oleh seorang digital marketer adalah memiliki "Sertifikasi Digital Marketing". 

Pengertian Digital Marketing adalah aktivitas pemasaran bagi barang/jasa dengan memanfaatkan media digital berbasis internet.  Adanya pemanfaatan media digital tersebut mengharuskan seorang digital marketer untuk melakukan persiapan lebih detail terkait konten-konten yang dibuat agar memberikan hasil yang optimal bagi perusahaan.  Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan melalui pemanfaatan digital marketing, yaitu :

1. Menjangkau pasar yang lebih luas

Kemampuan untuk menjangkau pasar yang lebih luas sangat dimungkinkan dengan pemanfaatan media digital berbasis internet yang sudah menjangkau seluruh wilayah baik lokal, nasional maupun global dengan akses yang sangat cepat.

2. Menghasilkan pengukuran kinerja yang akurat

Bila dibandingkan dengan metode pemasaran konvensional, digital marketing memungkinkan pebisnis dapat mengukur kinerja perusahaan dalam hal pemasaran dengan sangat akurat.  Sebagai contoh promosi yang dilakukan melalui media digital seperti Youtube, Instagram dan Facebook dapat secara langsung dianalisis kinerjanya dengan melihat berapa banyak orang yang melihat postingan konten yang dibuat serta berapa banyak yang berinteraksi dengan perusahaan melalui postingan konten tersebut, dan terakhir dapat dilihat berapa banyak yang melakukan pembelian.  Informasi ini sangat berharga dalam upaya optimalisasi strategi pemasaran perusahaan.

3. Meningkatkan interaksi dengan konsumen

Perusahaan dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumen yang telah mengunjungi postingan konten-konten yang dibuat.  Konsumen dapat secara langsung memberikan komentar berupa saran dan juga kritik, dan pihak perusahaan dapat menjawab langsung semua pertanyaan konsumen,  Hal ini dapat membangun loyalitas konsumen dan memberikan citra positif kepada perusahaan. 

4. Biaya pemasaran yang efisen

Penggunaan media digital dalam rangka penerapan strategi pemasaran seringkali lebih ekonomis jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional.  Perusahaan dapat mengoptimalkan biaya promosi sesuai dengan target pasar yang dikehendaki sehingga menjadi lebih relevan.

Berdasarkan alasan-alasan diatas, untuk saat ini penerapan digital marketing menjadi suatu keharusan bukan lagi sebagai pilihan, karena persaingan bisnis semakin kompetitif.  Usaha skala kecil tidak hanya bersaing dengan sesama usaha skala kecil, namun bersaing juga dengan perusahaan berskala besar yang mampu berproduksi dalam jumlah besar dan biaya lebih murah.  Jangan ragu, Yuk terapkan digital marketing pada bisnis kita !, yakinkan dapat diperoleh hasil yang optimal untuk bisnis Anda, dan dapatkan skill penerapan digital marketing melalui Lembaga Sertifikasi Profesi.

Hubungi kami disini :




Comments