Apakah Sertifikasi Digital Marketing Hanya Untuk Kalangan Pebisnis ?



Perkembangan teknologi informasi pada era modern ini dikatakan pesat, hal ini dapat memberikan kemudahan bagi semua perusahaan skala besar, menengah, kecil maupun mikro dalam bertransaksi.  Dengan demikian perusahaan dituntut dapat menerapkan teknologi informasi tersebut.  Teknologi yang banyak dimanfaatkan salah satunya adalah teknologi informasi dan banyak digunakan dalam konteks pemasaran sehingga muncul istilah "Digital Marketing".  Namun demikian belum semua bisnis mampu mengaplikasikan Digital Marketing secara menyeluruh, hal ini disebabkan kurangnya kemampuan staff/karyawan dari perusahaan dalam melakukan pengelolaan Digital Marketing.  Oleh sebab itu kebutuhan akan peningkatan keterampilan pengelolaan media digital bagi staff/karywan melalui pemberian pelatihan sekaligus dilakukan sertifikasi untuk menunjukkan bahwa seseorang telah dinyatakan memiliki kompetensi dalam bidang Digital Marketing dan mampu untuk mengaplikasikannya pada lembaga masing-masing.  Sertifikasi Digital Marketing saat ini disediakan oleh pemerintah melalui lembaga sertifikasi profesi dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan digital dari pihak yang telah mengikuti pelatihan.  

Dalam bidang pendidikan, para tenaga pendidik/dosen di berbagai perguran tinggi juga dituntut untuk memperoleh sertifikasi Digital Marketing, yang mana hasil peningkatan kemampuan dan keterampilan yang diperoleh untuk selanjutnya diaplikasikan dalam proses pembelajaran mata kuliah yang diampu.  Penguasaan dosen terhadap Digital Marketing dapat diaplikasikan dalam berbagai komponen aktivitas pengajaran maupun pengabdian pada masyarakat.  Sebagai contoh dosen yang mengampu mata kuliah  Pemasaran Produk Agribisnis dapat memberikan keterampilan kepada mahasiswa bagaimana mereka dapat mengaplikasikan Digital Marketing pada usaha-usaha skala kecil yang mereka dampingi seperti pemanfaatan akun-akun media sosial yang dipergunakan sebagai media promosi dan sekaligus penjualan produk.  Selain penerapan dalam aktivitas belajar dan mengajar, dosen juga dapat menerapkan Digital Marketing dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk tri dharma perguruan tinggi.  Dosen dapat memberikan bimbingan dan pendampingan kepada masyarakat dalam hal ini adalah kelompok=kelompok usaha mikro dan kecil untuk dapat menggunakan berbagai media sosial yang telah dikenal untuk dapat dioptimalkan dalam proses pemasaran.

Melalui kegiatan Sertifikasi Digital Marketing yang diikuti oleh para dosen di berbagai perguruan tinggi dapat menjadi penghubung antara dunia pendidikan dengan dunia usaha dunia industri (DUDI).  Kebutuhan akan staff/karyawan yang memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan teknologi digital yang dibutuhkan oleh para pelaku usaha untuk kegiatan pemasaran dapat dipenuhi.  Lulusan-lulusan perguruan tinggi yang telah dibekali dengan kemampuan penerapan Digital Marketing dapat langsung digunakan oleh perusahaan.  

Hubungi kami disini :




Comments